Wednesday 26 December 2018

Jenis jenis kopi

Buat kalian yang sering minum kopi yang kebanyakan beli di warung warung, apakah kalian tau kopi apa yang kalian minum? Dikesempatan kali ini Quoteag7 akan berbagi informasi seputar kopi, tentunya bagi kalian pecinta kopi wajib tau :-)
BOURBON
Kalau anda suka minum wine, jenis varietas ini dikenal dengan Pinot Noir-nya kopi. Kenapa? Umumnya, varietas ini sangat manis, kompleks dan lembut (delicate). Tanaman kopi jenis ini juga dikenal rapuh dan tidak menghasilkan banyak buah ceri kopi, seperti beberapa varietas pada umumnya. Namun begitu, saat tanaman kopi ini menghasilkan, rasanya sungguh sepadan! Banyak yang berpendapat, Bourbon adalah the coffee of coffee. Secangkir kopi klasik yang layak dicoba, jika Anda belum pernah mencobanya.
Bourbon coffee cherries
Buah ceri kopi Bourbon (kredit foto: Mapache Coffee)
CATTURA
Bagaimana cara Anda mengetahui jika kopi yang Anda minum adalah jenis Caturra? Biasanya, kopi ini punya bright acidity dan low to medium body. Kopi ini memiliki tingkat clarity dan sweetness yang lebih rendah dibandingkan induknya, Bourbon. Varietas kopi ini pertama kali dikembangkan di Brasil, dan tanaman kopi ini banyak ditemukan di Kolombia, Kosta Rika dan Nikaragua. Yang menarik, Caturra dalam bahasa Portugis adalah nama spesies burung beo. Sementara dalam bahasa Spanyol, Caturra diterjemahkan menjadi Cotorra atau Perico, yang artinya adalah seseorang yang banyak bicara dan berisik.   
Caturra coffee cherries
Buah ceri kopi Caturra (foto kredit: redstarcoffee.com.au)
CATUAI
Buah ceri kopi pada varietas Catuai ini umumnya berwarna merah atau kuning. Keduanya memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Namun, buah ceri kopi berwarna kuning, saat dingin, memiliki tekstur rasa yang kurang enak seperti minyak. Varietas Catuai berasal dari Mundo Novo dan Caturra, meskipun jenis ini memiliki variabilitas bawaan dari coffea robusta. Catuai bisa merasakan pahit. Namun, ketika ditanam dan diproses dengan baik, Catuai dapat menghasilkan secangkir kopi yang enak bahkan ketika disangrai gelap (dark roast). Catuai umumnya banyak ditanam di Indonesia, Amerika Selatan dan Amerika Tengah.
Yellow Catuai cherries
Buah ceri kopi Catuai Kuning (foto kredit: coffeetroupe.com)

PACAMARA
Varietas ini pada umumnya memiliki aroma yang kompleks dan intens; medium to dense body dengan tekstur lembut; dengan keasaman elegan dan karakter rasa mulai dari manis cokelat, butterscotch hingga sweet citrus notes, dan hints of floral aromas. Pacamara adalah mutasi alami dari varietas Bourbon, yang ditemukan saat penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of Florida. Tanaman kopi ini berukuran lebih pendek, memiliki ruas tanaman lebih rapat, dengan daun-daun kecil. Ukuran seperti ini membantunya tahan banting terhadap kondisi iklim yang keras seperti angin kencang, sinar matahari yang berlebihan, dan kondisi tanah yang kurang air. Bukan hanya itu, Pacamara juga terkenal sangat tahan terhadap penyakit dan mampu beradaptasi dengan kondisi alam di tempatnya, serta memberikan hasil produksi yang tinggi.
Pacamara coffee cherries
Buah ceri kopi Pacamara (foto kredit: abccoffee.co)

Sudah pernahkah Anda mencoba beragam varietas/kultivar kopi seperti yang sudah kami sebutkan tadi? 
Itulah jenis jenis kopi yang bisa kami share di kesempatan kali ini, selamat mencoba dan selamat ngopi gaes😇





No comments:

Post a Comment

Ternyata ini dia yang harganya 80 juta

Banyak awak media meliput tentang prostitusi yang selebritis lakukan dengan bayarannya yang wow padahal cuma satu jam, mungkin kebanyakan da...